Teknologi

5 Daftar Macam-macam Web Browser dan Cara Kerjanya Dalam Mengakses Internet

60
×

5 Daftar Macam-macam Web Browser dan Cara Kerjanya Dalam Mengakses Internet

Share this article

Buzzerid.com – Pengguna kiranya perlu mengetahui macam-macam web browser, terutama mereka yang tengah belajar mengakses internet.

Pengguna yang sudah terbiasa mengakses internet mungkin sudah mengerti macam-macam web browser. Akan tetapi.

Pengguna yang baru belajar mengakses internet bisa saja belum mengerti,Jika baru belajar dan belum mengerti, tak usah khawatir.

Artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap macam-macam web browser yang telah dirangkum Buzzerid.com dari berbagai sumber.

Macam-macam web browser itu perlu diketahui untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi program mana saja yang bisa dipakai mengakses internet.

Lantas, apa saja macam-macam web browser? Untuk lebih lengkapnya, simak daftar contoh web browser di bawah ini.

Macam-macam web browser Browser atau web browser adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajahi, mengambil, dan menampilkan informasi yang tersedia di jaringan internet World Wide Web (WWW).

Mudahnya, web browser adalah software untuk browsing.

Informasi yang dapat ditampilkan browser bisa berupa gambar, halaman web, video, dan konten lain yang semuanya terhubung melalui sistem hypertext dan dikategorikan dengan bantuan URL (Uniform Resource Identifiers).

Browser merupakan program klien karena berjalan pada perangkat milik pengguna. Browser bisa dibilang berfungsi sebagai antarmuka atau penjembatan antara pengguna dan segala konten di jaringan internet.

Beberapa fungsi browser antara lain, seperti membuka halaman website, menampilkan konten dari website, memudahkan dalam menjelajahi website, dan menyimpan data halaman website yang telah dikunjungi.

Tanpa browser, pengguna rasanya bakal kesulitan untuk mengakses atau menjelajahi informasi (browsing) di internet.Saat ini, terdapat beberapa browser yang biasa dipakai untuk mengakses internet. Baca berita tanpa iklan.

Selain itu, masih terdapat banyak lagi Adapun macam-macam web browser adalah sebagai berikut.

1.Google Chrome Microsoft Edge Mozilla Firefox Safari Opera UC Browser Vivaldi Samsung Internet Brave DuckDuckGo.

Adapun penjelasan dari masing-masing web browser di atas adalah sebagai berikut.

1. Google Google Chrome merupakan browser internet yang dikembangkan oleh Google.

Chrome dirilis pertama kali pada tahun 2008 untuk Microsoft Windows, kemudian diadaptasi ke Android, iOS, Linux, dan macOS.

Saat ini Chrome menjadi browser web paling populer dengan pangsa global lebih dari 50 persen. Untuk mengunduh versi terbaru browser ini, pengguna dapat mengunjungi laman berikut ini.

2. Microsoft Edge adalah web yang dikembangkan oleh Microsoft.

Web browser ini resmi dirilis pada 29 Juli 2015.Dan biasanya hadir menjadi satu paket dalam perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows.

Microsoft Edge sekarang bisa digunakan pada berbagai perangkat, baik ponsel maupun komputer atau laptop.

Untuk mengakses Edge, pengguna dapat mengunduhnya melalui tautan resmi dari Microsoft ini.

3. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser lintas platform web yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla. Firefox sendiri merilis versi pertama yaitu 1.0 pada 9 November 2004.

Saat pertama kali rilis, Firefox telah diunduh lebih dari lima juta unduhan dalam 12 hari. Firefox 1.0 saat itu merupakan browser yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan.

Untuk mengakses Mozilla Firefox versi terbaru, pengguna dapat mengunduh peramban ini di laman resmi Mozilla pada tautan berikut ini.

4. Safari Lihat Foto Safari merupakan browser yang khusus ditujukan untuk perangkat-perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Browser buatan Apple ini resmi dirilis pada 7 Januari 2003. Safari biasanya sudah otomatis terinstal di perangkat Apple.

5. Opera

Opera merupakan browser web yang juga sudah lama ada. Rilis perdana pada 26 April 1995, Opera dikembangkan oleh perusahaan Opera Software sebuah perusahaan pengembang aplikasi asal Norwegia.

Opera dapat dijalankan di berbagai perangkat dan sistem operasi, seperti Microsoft Windows, MacOS, Solaris, FreeBSD, dan Linux.

Pengguna dapat mengunduh Opera di situs resminya lewat tautan berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *