Teknologi

ChatGPT Ala Microsoft Tersedia di Windows 10, Begini Cara Pakainya

29
×

ChatGPT Ala Microsoft Tersedia di Windows 10, Begini Cara Pakainya

Share this article

BUZZERID.com – Microsoft kini mengizinkan pengguna Windows 10 untuk mencoba fitur “Copilot”, ChatGPT ala Microsoft yang sebelumnya hanya tersedia di Windows 11.

Raksasa perangkat lunak ini mengumumkan minggu ini bahwa Copilot akan tersedia di Windows 10.

Saat ini kami memiliki versi pratinjau rilis sistem operasi yang dapat Anda gunakan untuk mencoba Copilot. Selain itu, Copilot di Windows 10 sangat mirip dengan Windows 11.

Terletak di sisi kanan bilah tugas, pengguna dapat menggunakan chatbot bertenaga AI untuk menjawab pertanyaan dan menghasilkan teks.

Pengguna Windows 10 Home atau Pro yang menggunakan Pratinjau Rilis kini dapat mencoba Copilot.

Fitur baru ini dapat tersedia untuk semua pengguna Windows 10 di pasar dalam beberapa hari atau minggu mendatang.

Microsoft mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menggunakan Copilot pada Windows 10 karena berencana untuk mengakhiri dukungan untuk sistem operasi Windows 10 dalam waktu dua tahun.

“Ini adalah versi terakhir Windows 10, jadi ini 22H2, kami tidak akan mengubah semua itu dengan Windows 10,” kata Aaron Woodman, Wakil Presiden Pemasaran Windows, dikutip dari The Verge, Senin,27 November 2023.

“Kami tidak melakukan perubahan apa pun terhadap berakhirnya dukungan untuk Windows 10, yang masih berlaku pada 14 Oktober 2025,”imbuhnya.

Faktanya Windows 10 masih populer di kalangan pengguna. Laporan terbaru, berdasarkan data internal Microsoft, mengungkapkan Windows 11 hanya menjangkau 400 juta perangkat setelah dua tahun sejak diluncurkan.

Sementara Windows 10 mencapai tonggak sejarah tersebut hanya setahun setelah dirilis dan mencapai 600 juta perangkat beberapa bulan setelah ulang tahunnya yang kedua.

Cara Menggunakan Copilot di Windows 10

Untuk mulai menggunakan Copilot, pengguna dapat mengklik ikon Copilot yang terletak di taskbar.

Kemudian jendela obrolan akan terbuka, yang memungkinkan pengguna mengetik pertanyaan atau permintaan.

Lalu Copilot akan merespons dengan memberikan informasi atau saran terkait.

Pengguna juga memiliki opsi berinteraksi dengan Copilot menggunakan perintah suara dengan mengklik ikon mikrofon di dalam jendela obrolan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *