Teknologi

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT serta Manfaatnya dalam Membantu Pekerjaan 

55
×

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT serta Manfaatnya dalam Membantu Pekerjaan 

Share this article

BUZZERID.com – Penting bagi pengguna untuk memahami pro dan kontra ChatGPT. ChatGPT merupakan salah satu program AI (Artificial Intelligence) yang  populer  saat ini karena dapat membantu menyelesaikan berbagai tugas.

Respons atau tanggapan  ChatGPT terhadap berbagai pertanyaan pengguna bisa dibilang cukup mengesankan.

Alasannya adalah ChatGPT dapat memberikan respons yang relevan dan kontekstual dalam bahasa alami, tidak seperti bot.

Anda Menemukan Ide Judul Namun, meski memiliki kemampuan yang mengesankan, ChatGPT juga memiliki beberapa kekurangan.

Oleh karena itu, supaya bisa memanfaatkan ChatGPT dengan tepat, pengguna penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan ChatGPT.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan ChatGPT?

Bila tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap di bawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan ChatGPT dalam mengerjakan tugas.

Gabung Kompas.com+ Apa itu ChatGPT?Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangan ChatGPT, sebaiknya pengguna mengetahui dasar-dasar ChatGPT terlebih dahulu.

Arti dari ChatGPT adalah sebagai berikut. ChatGPT merupakan program chatbot AI (Artificial Intelligence) berbasis model bahasa terlatih, yang mampu merespons berbagai pertanyaan atau perintah pengguna secara alami dan tepat.

Program ini dibuat oleh OpenAI. Ingat, model bahasa ChatGPT sebenarnya adalah pembelajaran mesin  yang dapat memberikan prediksi kata dengan menganalisis teks dalam  data. Prediksi tersebut menjadi respon atau keluaran dari perintah teks yang dimasukkan oleh pengguna.

Untuk dapat menyajikan hasil, ChatGPT didasarkan pada model bahasa yang  telah dilatih dengan kumpulan data yang besar.

Saat pengguna memasukkan perintah, ChatGPT  mencocokkannya dengan data yang  dipelajari.

ChatGPT kemudian akan memberikan prediksi, jawaban atau jawaban tergantung pada perintah yang dimasukkan pengguna.

Misalnya pengguna memasukkan teks “Saya ingin makan”, maka model bahasa dapat menyelesaikannya berdasarkan perintah  “Saya ingin makan tahu”. Itu hanya sebuah contoh. Respons ChatGPT bisa jadi lebih kompleks.

ChatGPT dapat menjawab atau merespon berbagai perintah dan pertanyaan pengguna. ChatGPT dirancang untuk  menghasilkan respons bahasa alami.

Oleh karena itu, pengguna dapat berinteraksi dengan ChatGPT seolah-olah sedang mengobrol dengan orang lain, bahasanya tidak kaku seperti robot. ChatGPT dilatih tidak hanya  dengan kumpulan data tetapi juga dengan pelatih AI manusia.

Pelatih AI manusia memberikan masukan ke ChatGPT saat memberikan tanggapan.

 Masukan dari orang sungguhan memungkinkan ChatGPT  menghasilkan respons alami saat berinteraksi dengan pengguna.

Demikianlah pemahaman tentang apa itu ChatGPT. Sebagai chatbot AI  yang dilatih berdasarkan model bahasa, apa kelebihan dan kekurangan ChatGPT?

Untuk lebih jelasnya dibawah ini penjelasan  kelebihan dan kekurangan ChatGPT.

Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT memiliki beberapa kelebihan dalam membantu pengguna menyelesaikan tugas, termasuk tugas pengolah kata.

Lalu, apa kelebihan dari ChatGPT? Kelebihan ChatGPT Dikutip dari berbagai sumber, ChatGPT memiliki beberapa kelebihan yang antara lain meliputi: 

1. Menjawab pertanyaan secara natural dan cepat 

Kelebihan ChatGPT yang pertama adalah mampu menjawab berbagai pertanyaan atau perintah pengguna dengan cepat dan natural. ChatGPT dirancang sebagai bot yang dapat menanggapi pertanyaan pengguna di ruang obrolan dengan tanggapan yang natural mirip seperti percakapan manusia. Kelebihan ini tak lepas dari adanya pelatihan pada ChatGPT untuk memberikan tanggapan. 

2. Mampu membuat tanggapan yang kompleks 

Dikutip dari laman Profulus, kelebihan ChatGPT yang kedua adalah mampu membuat tanggapan yang kompleks. ChatGPT dapat menyusun teks sebagai sebuah tanggapan dengan hasil yang mirip seperti tulisan manusia. 

3. Membantu meningkatkan produktivitas 

Ketiga, ChatGPT dapat mengerjakan berbagai tugas yang mampu membantu meningkatkan produktivitas pengguna. ChatGPT dapat dimanfaatkan untuk membantu membuat tulisan iklan, mengarang lagu, membuat cerita, dan masih banyak lagi. 

4. Dapat diintegrasikan ke platform lain 

Kelebihan ChatGPT yang berikutnya adalah program chatbot AI mendukung plugin untuk memperluas fitur dan fungsinya. Program chatbot ini dapat diintegrasikan ke aplikasi atau platform lain. 

5. Menghemat biaya operasional 

Dikutip dari jurnal berjudul “The Benefits and Challenges of ChatGPT: An Overview” karangan Jianyang Deng dan Yijia Lin, karena dapat diintegrasikan ke platform lain, ChatGPT dapat menghemat biaya operasional untuk bisnis. ChatGPT dengan tanggapannya yang mirip manusia dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas perusahaan dalam menanggapi pelanggan pada platform layanan pelanggan atau customer service. Dengan demikian, ChatGPT dapat berpotensi memangkas biaya untuk mengadakan tenaga kerja manusia yang cukup mahal. Kekurangan ChatGPT Itulah kelebihan ChatGPT. 

Lalu, apa kekurangan ChatGPT? Adapun kekurangan ChatGPT adalah sebagai berikut: 

1. Informasi yang disajikan kurang akurat dan ambigu 

Kekurangan ChatGPT yang pertama adalah informasi yang disajikan berpotensi kurang akurat dan kadang bisa ambigu. ChatGPT kadang bisa menghasilkan tanggapan yang terdengar masuk akal, tetapi sejatinya tidak tepat. Masalah tanggapan yang kurang akurat dan ambigu ini kerap disebut sebagai “halusinasi”. 

2. Pengetahuan terbatas Kekurangan 

ChatGPT yang berikutnya adalah pengetahuannya terbatas pada kurun waktu tertentu. Sebagai informasi, ChatGPT tersedia dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar atau premium. ChatGPT versi gratis tidak dapat menjelaskan permasalahan yang terjadi setelah 2021. Sementara itu, ChatGPT premium telah terintegrasi dengan Bing (search engine Microsoft), sehingga bisa mencari informasi terkini di internet. 

3. Sumber yang tidak jelas 

Selanjutnya, kekurangan ChatGPT adalah sumber atau referensi, yang digunakan dalam menyusun tanggapan, tidak jelas. ChatGPT tidak memberikan informasi dari mana ia mengambil data untuk menyusun tanggapan. 

4. Berpotensi melanggar hak cipta 

ChatGPT menggunakan data berjumlah besar untuk menghasilkan tanggapan. Tulisan yang punya hak cipta bisa saja dipakai ChatGPT untuk menghasilkan tanggapan yang tak ditampilkan sumbernya. Oleh karena itu, ChatGPT bisa berpotensi melanggar hak cipta. Itulah penjelasan mengenai kekurangan ChatGPT. Dengan adanya kekurangan ini, ChatGPT sebaiknya digunakan secara bijak. Informasi yang disampaikan ChatGPT hendaknya tidak langsung dipakai. Pengguna bisa memverifikasi kembali secara mandiri informasi yang disampaikan ChatGPT. Demikianlah kelebihan dan kekurangan ChatGPT. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ChatGPT, pengguna bisa memanfaatkannya secara tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *