Resep Makanan

Bikin Nagih! 5 Resep Nasi Goreng Nusantara Disertai Cara Membuatnya

49
×

Bikin Nagih! 5 Resep Nasi Goreng Nusantara Disertai Cara Membuatnya

Share this article
Resep nasi goreng nusantara yang bikin nagih, nikmat tiada tara lengkap dengan cara membuat dan bahan-bahannya
Resep nasi goreng nusantara yang bikin nagih, nikmat tiada tara lengkap dengan cara membuat dan bahan-bahannya

BUZZERID – Nasi goreng adalah hidangan beraroma dan dicintai yang telah menarik hati dan selera orang-orang di seluruh dunia. Hidangan klasik Indonesia ini tidak hanya lezat tetapi juga serbaguna, sehingga memungkinkan berbagai variasi daerah dan sentuhan pribadi. Dalam panduan komprehensif ini, kami akan mengeksplorasi kekayaan sejarah, keragaman rasa, dan seni dalam menyiapkan nasi goreng.

Asal-usul dan Sejarah Nasi Goreng

Nasi goreng memiliki sejarah yang menarik yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu. Hidangan ini diyakini berasal dari Indonesia pada abad ke-19, ketika para imigran Tionghoa membawa teknik kuliner mereka ke nusantara.

Hidangan ini biasanya terbuat dari nasi sisa yang ditumis dengan kecap, bawang putih, dan bahan-bahan lokal lainnya. Seiring berjalannya waktu, nasi goreng berevolusi dengan menambahkan bumbu-bumbu khas Indonesia, seperti terasi, cabai, dan kecap manis, sehingga memberikan cita rasa yang unik.

Variasi Regional

Lanskap kuliner Indonesia yang beragam membuat setiap daerah memiliki sentuhannya masing-masing pada nasi goreng. Di Jakarta, ibu kota negara, Anda akan menemukan nasi goreng kambing dan nasi goreng kebon sirih (nasi goreng dengan sayuran dan ayam).

Sementara di Bali ada nasi goreng jenggo yang populer menggunakan terasi, sedangkan nasi goreng pete yang pedas di Padang dibuat dengan kacang panjang. Setiap variasi menawarkan rasa yang unik, menampilkan kreativitas dan keragaman masakan Indonesia.

Bahan-bahan Utama

Keindahan nasi goreng terletak pada kesederhanaannya dan penggunaan bahan-bahan yang umum. Komponen utama nasi goreng meliputi nasi, protein (seperti ayam, udang, atau tahu), sayuran (wortel, kacang polong, dan daun bawang), aroma (bawang putih, bawang merah, dan cabai), dan bumbu (kecap, terasi, dan kecap manis). Bahan-bahan ini berpadu menjadi satu untuk menciptakan perpaduan rasa, tekstur, dan warna yang harmonis.

5 Resep Nasi Goreng Nusantara

Nasi Goreng Jawa

Resep nasi goreng yang pertama ini khas jawa. Ini memiliki kombinasi gurih dan manis dan paling cocok jika memberi Anda sedikit bumbu bagi mereka yang menyukai makanan pedas. Seringkali, resep ini membutuhkan ayam suwir, tomat dan kubis yang dipotong dadu, serta telur orak-arik untuk membuat rasanya berbeda.

Nasi goreng jawa terkenal dalam banyak bahasa. Cara pembuatannya yang praktis dan cepat membuat masakan ini digemari. Ingin melakukannya hari ini?

Bahan

1 piring nasi
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 butir kemiri
3 buah cabai merah
1 ikat sawi
1 buah mentimun
Setengah potong dada ayam rebus (disuwir)
1 buah telur
Garam, penyedap rasa, dan lada bubuk secukupnya

Cara Membuat

Giling bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri dan terasi hingga halus (bisa dicampur atau dihaluskan). Lalu tumis bumbu hingga matang dan masukkan telur.

Tambahkan sayuran sawi ke nasi putih, aduk berulang kali sampai bahannya merata. Tambahkan garam, merica bubuk, kecap manis, lalu aduk rata. Tuangkan suwiran ayam ke atas sepiring nasi goreng.

Nasi Goreng Sunda

Ada yang spesial dari nasi goreng Sunda lho. Kalau masak masakan Indonesia pasti pakai lengkuas. Aroma lengkuas yang manis akan menambah cita rasa nikmat pada sajian nasi goreng Anda. Anda akan menikmati pedasnya.

Cocok banget disantap kapan saja, karena menu sarapan, makan siang, bahkan makan malamnya selalu enak. Anda juga dapat menggunakan bahan lain sesuai keinginan Anda. Juga, jika Anda tidak tahu cara memilih menu.

Bahan

500 g nasi putih
1 siung bawang bombai (iris tipis)
2 butir telur (kocok lepas)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm kecap manis
2 sdm saus tiram
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus

2 ruas jari kencur
6 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 buah cabai merah besar
6 buah cabai rawit
Garam secukupnya
Pelengkap : Bawang goreng, selada, tomat, dan timun secukupnya

Cara Membuat

Pertama siapkan wajan dan panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan warnanya kecoklatan. Masukan saus tiram, merica bubuk dan kecap manis, aduk hingga merata.

Lalu masukan telur, aduk cepat. Setelah itu, masukan nasi putih dan aduk hingga nasi matang. Angkat dan siapkan dalam piring, kemudian taburkan bawang goreng ditambahkan selada, timun dan tomat.

Nasi Goreng Padang

Resep Nasi Goreng Padang yang satu ini bakal bikin kamu teringat akan kampung halaman. Rasanya tak kalah dengan masakan nasi goreng di daerah lain. Kaya akan bumbu, nasi goreng padang juga banyak dicari.

Tidak perlu membelinya, sekarang Anda bisa mencobanya sendiri dengan memasak nasi goreng Padang dengan bahan-bahan dan cara membuatnya berikut ini.

Bahan

2 piring nasi putih dingin
5 sdm minyak
50 g ayam (rebus, lalu suwir-suwir)
1 batang seledri (iris-iris)

Bumbu halus

3 siung bawang putih
10 buah cabai merah keriting
1/2 sdt merica
1/2 sdt bubuk kari
Garam secukupnya

Pelengkap

2 telur mata sapi
1/2 buah tomat (iris-iris)
Bawang goreng dan kerupuk sesuai selera

Cara Membuat

Masukan bumbu halus setelah minyak dalam wajan dipanaskan, tumis hingga berubah warna dan harum. Kemudian, masukan nasi dan ayam suir, aduk hingga tercampur merata.

Tambahkan bumbu penyedap, irisan daun bawang dan seledri, aduk hingga merata. Jika sudah sempurna rasanya, angkat dan sajikan.

Nasi Goreng Bali

Agar tidak bosan dengan satu atau dua resep nasi goreng, Anda bisa mencoba resep nasi goreng khas Bali ini. Rasa berbeda akan langsung Anda rasakan berkat perpaduan bumbu kuliner khas Bali. Bagi yang belum pernah mencoba Nasi Goreng Bali Indonesia, jangan khawatir, siapkan saja bahan-bahannya dan simak resep ini.

Bahan

Minyak secukupnya
3 siung bawang putih (iris tipis)
5 siung bawang merah (iris tipis)
8 buah cabai rawit merah (iris)
3 buah cabai rawit hijau (iris tipis)
2 sdm terasi
2 batang serai (iris)
2 butir telur (kocok lepas)
500 g nasi putih
1 buah tomat (buang biji dan potong dadu)
1 1/2 sdt garam
1/2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat

Panaskan minyak dalam wajan, masukkan bawang merah dan bawang putih cincang. Tumis hingga harum. Tambahkan cabai rawit merah, cabai rawit hijau, terasi dan biji serai. Aduk rata dan tambahkan bumbu ke sisi wajan. Tambahkan telur ke sisi lain panci, masak hingga matang. Tambahkan nasi putih, tomat, garam, kaldu bubuk, aduk rata hingga matang.

Nasi Goreng Hijau Manado

Ingin mencoba resep nasi goreng lainnya? Coba Nasi Goreng Hijau Manado. Aroma khas ikan cakalang memang menggoda, apalagi perpaduan rasa yang unik. Tentu saja nasi gorengnya sedikit berbeda. Penasaran bagaimana cara meracik fufu ikan cakalang dengan Nasi Goreng Manado? Persiapkan sekarang, ayo, untuk makan siang atau makan malam Anda.

Bahan

500 g nasi putih dingin
200 g ikan cakalang fufu atau asap
4 sdm minyak goreng
2 buah jagung manis (pipil)
100 ml air
2 sdm bawang goreng untuk taburan

Bumbu halus

6 buah cabai hijau besar
2 buah cabai rawit hijau
8 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 batang serai bagian putih
200 gr kemangi
1 sdm air jeruk nipis
1 ½ sdt garam

Bahan pelengkap : Daun kemangi secukupnya

Cara Membuat

Pertama goreng dulu ikan cakalang hingga agak kering, angkat, sisihkan. Lalu panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang, tumis bumbu hingga harum dan matang. Masukkan jagung parut, lalu tambahkan air secukupnya. Masak hingga jagung empuk dan air menyusut.

Tambahkan irisan cakalang ke dalam nasi putih. Masak perlahan hingga adonan tercampur rata dan nasi harum. Lift. Sajikan nasi goreng panas yang ditaburi bawang goreng dan daun kemangi. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *