Pengetahuan

Cara Mengolah Sampah Organik jadi Pupuk Kompos, Berikut Langkah-langkahnya

66
×

Cara Mengolah Sampah Organik jadi Pupuk Kompos, Berikut Langkah-langkahnya

Share this article

Buzzerid.com – Sampah adalah benda atau material yang sudah tidak diinginkan atau tidak digunakan lagi, dan biasanya ditinggalkan karena dianggap tidak memiliki nilai atau guna. 

Sampah dapat berasal dari berbagai sumber, seperti rumah tangga, industri, komersial, atau institusi. 

Pengelolaan sampah penting untuk mencegah pencemaran lingkungan dan menjaga kesehatan masyarakat. 

Sampah dapat berupa berbagai jenis, termasuk sampah organik (seperti sisa makanan), sampah anorganik (seperti plastik dan kertas), sampah berbahaya (seperti baterai dan produk beracun), dan banyak lagi. 

Upaya daur ulang, pengurangan, dan pengelolaan yang baik sangat penting untuk mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Berikut cara mengolah sampah organik jadi pupuk kompos dengan langkah-langkah berikut:

1. Kumpulkan Sampah Organik: Kumpulkan sampah organik seperti sisa makanan, daun kering, potongan rumput, dan serbuk kayu. Hindari sampah yang tidak dapat diurai seperti plastik.

2. Pemotongan dan Pencacahan: Potong atau cacah bahan organik menjadi potongan kecil. Ini akan membantu percepatan proses dekomposisi.

3. Campur Bahan Organik: Campur bahan organik dalam jumlah yang seimbang untuk menciptakan kompos yang baik. Pastikan ada campuran antara bahan hijau (seperti sisa makanan) dan bahan coklat (seperti daun kering).

4. Tumpuk atau Tempat Penyimpanan: Tempatkan campuran bahan organik di tumpukan kompos atau wadah yang bisa menguraikan, seperti tong besar atau bak kompos.

5. Penyiraman dan Ventilasi: Pastikan kompos selalu sedikit lembap, tapi tidak terlalu basah. Sesekali siram dengan air jika perlu. Juga pastikan ada ventilasi untuk memungkinkan aliran udara.

6. Pemutaran Kompos: Pekuk atau aduk tumpukan kompos setiap beberapa minggu untuk memastikan dekomposisi merata.

7. Waktu Tunggu: Tunggu beberapa bulan hingga setahun tergantung pada kondisi dan ukuran kompos. Anda akan tahu kompos sudah siap ketika memiliki aroma tanah, warna gelap, dan tekstur butiran seperti tanah.

8. Gunakan Pupuk Kompos: Gunakan pupuk kompos ini untuk meningkatkan kesuburan tanah di kebun atau taman Anda.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat mengubah sampah organik menjadi pupuk kompos yang berguna untuk pertanian atau kebun Anda.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *