Aplikasi

Cara Menggunakan Aplikasi GZDoom untuk Bermain Seri Game Doom (1993)

69
×

Cara Menggunakan Aplikasi GZDoom untuk Bermain Seri Game Doom (1993)

Share this article

BUZZERID.com – Siapa di sini yang tidak suka bermain game? Jumlahnya memang kecil, namun permainan tersebut sangat digemari dan diapresiasi oleh masyarakat.

Dari game mudah seperti Snake hingga game kompleks seperti Tetris, popularitas game di masyarakat tidak bisa dianggap remeh. Salah satu seri game tertua dan terpopuler adalah seri game Doom yang dibuat oleh Id Software.

Seri permainan ini, yang memberikan pemain kesempatan untuk membunuh setan dari neraka menggunakan berbagai senjata, pertama kali dirilis pada tahun 1993 untuk Microsoft-DOS.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya perangkat lunak komputer, hanya ada sedikit cara untuk memainkan seri Doom dan salah satunya adalah GZDoom, jadi mari pelajari cara menggunakannya.

GZDoom Unduh

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi GZDoom dari situs resminya. Waspadai situs web phishing yang bertujuan mencuri data atau menaruh virus di komputer Anda. Situs resmi GZDoom adalah zdoom.org dan setelah membukanya, buka bagian download. Saat mendownload pastikan Anda mendownload GZDoom dan bukan ZDoom, kedua aplikasi tersebut sangat berbeda.

Download File WAD Seri Game Doom

GZDoom dibuat menggunakan jenis file bernama WAD, jadi setelah mendownload GZDoom, jika ingin memainkan seri game tersebut, Anda perlu mendownload file WAD terlebih dahulu. Download file WAD untuk seri game Doom juga mempunyai masalah yang sama dengan mendownload GZDoom, khususnya website berbahaya, tempat download terbaik adalah Internet Archive yang berisi arsip file WAD untuk seri game Doom. Saat mengunduh, Anda dapat memilih untuk mengunduh seluruh seri game Doom atau hanya beberapa seri game untuk menghemat biaya di komputer Anda.

Menyusun Library GZDoom

Setelah Anda mengunduh aplikasi GZDoom dan file WAD seri Doom, langkah selanjutnya adalah mengkompilasi perpustakaan GZDoom Anda. Pustaka GZDoom berguna untuk menyimpan file WAD Anda di satu lokasi yang mudah ditemukan. Untuk mulai mengkompilasi perpustakaan GZDoom, Anda harus terlebih dahulu membuat folder baru dengan nama yang Anda inginkan, kemudian buka folder GZDoom di komputer Anda dan buka file gzdoom. Ini menggunakan notepad dan mengubah jalur perpustakaan ke folder yang baru saja Anda buat. Setelah Anda selesai mengubah folder yang dibuat menjadi perpustakaan, yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan file WAD ke dalamnya.

Memulai Bermain Seri Game Doom

Langkah terakhir dan paling menarik adalah mulai memainkan game tersebut, memulai memainkannya sangat sederhana dan Anda memiliki dua opsi untuk memulai. Yang pertama adalah menelusuri folder perpustakaan Anda dan langsung membuka file WAD dari game yang ingin Anda mainkan. Cara kedua yang paling sering digunakan oleh pemilik GZDoom adalah dengan menggunakan aplikasi GZDoom. Jika Anda mengikuti langkah sebelumnya maka yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan salah satu metode sebelumnya untuk mulai memainkan game pilihan Anda.

Sebagai penutup, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi GZDoom, kemudian mendownload file WAD seri Doom, kemudian mengkompilasi perpustakaan GZDoom dan terakhir mulai bermain melalui folder perpustakaan atau melalui GZDoom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *