Bisnis

Cara Riset Pasar yang Efektif, Pelaku UMKM Tak Perlu Takut Susah Dapat Pembeli

52
×

Cara Riset Pasar yang Efektif, Pelaku UMKM Tak Perlu Takut Susah Dapat Pembeli

Share this article
Pelaku UMKM harus paham, bagaimana caranya riset pasar yang efektif dan efisien agar mudah mendapatkan pelanggan
Pelaku UMKM harus paham, bagaimana caranya riset pasar yang efektif dan efisien agar mudah mendapatkan pelanggan

BUZZERID – Salah satu kegiatan penting dalam pengembangan produk usaha adalah riset pasar. Riset pasar membantu Sahabat Wirausaha untuk mampu mengidentifikasi produk seperti apa yang kemudian dibutuhkan oleh target konsumen. Riset pasar juga dapat digunakan sebagai masukan untuk mencari informasi mengenai potensi bisnis yang akan dihadapi ke depan.

Sekilas, riset pasar mungkin terlihat sebuah suatu hal yang sangat kompleks. Meskipun begitu, riset pasar sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Sahabat Wirausaha dapat memanfaatkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) untuk membantu pelaksanaan riset pasar dengan lebih efisien.

Kegunaan Riset Pasar

Riset pasar adalah kegiatan penelitian sederhana yang dilakukan oleh seorang ekonom untuk memperoleh informasi mengenai suatu pasar sasaran. Sederhananya, riset pasar berupaya menemukan data tambahan tentang posisi perusahaan, pesaing, dan vendor di pasar. Data yang diperoleh diekstraksi dan diolah untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh bisnis.

Memperoleh pemahaman pasar yang akurat dengan menganalisis hasil penelitian yang dilakukan, seperti informasi terkait calon pembeli, target pasar, lokasi bisnis, saluran distribusi produk, dan penempatan produk di pasar dan pesaing. Dengan mempelajari pasar dengan baik, kita bisa membuat rencana bisnis yang tepat untuk masa depan.

Ketika kita melakukan penelitian (misalnya melalui wawancara atau penyebaran kuisioner), kita bisa bertanya kepada konsumen tentang produk yang ingin kita jual dan meminta jawaban mengenai produk tersebut. Hasil feedback ini akan berguna untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas produk.

Riset pasar membantu kita mempelajari minat dan preferensi pelanggan, sehingga kita dapat memutuskan produk mana yang akan dijual berdasarkan kebutuhan spesifik, kebiasaan membeli, dan tingkat keuangan konsumen. Hasil riset pasar dapat digunakan oleh manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis.

Cara Riset Pasar untuk UMKM

Ada beberapa poin dalam melakukan riset pasar yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha atau UMKM.

Tentukan Tujuan Riset Pasar

Tujuan melakukan riset pasar harus Anda pahami. Apa yang akan ANda riset, misalnya tentang evaluasi peluang baru, mengukur kepuasan konsumen. Sehingga, ANda akan lebih fokus dalam melakukan riset tersebut.

Tentukan Target Pasar

Setelah menentukan tujuan dari riset yang akan dilakukan, kemudian tentukan juga target pasarnya. Maka, yang akan jadi target pasar kita itu siapa?

Agar dapat mengarahkan sumber daya dengan efektif, maka Anda harus lebih fokus dan pahami dengan baik siapa yang jadi target Anda.

Metode Riset

Beberapa metode riset pemasaran meliputi survei, wawancara, survei, analisis konten, dan pengujian. Penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat digunakan secara terpisah atau digabungkan, tergantung kebutuhan penelitian.

Rancang Instrumen Riset

Buatlah pertanyaan dan skala yang disesuaikan dengan tujuan penelitian Anda jika metode yang digunakan adalah survei atau wawancara. Jika Anda menggunakan metode observasi, tentukan jenis perubahan yang ingin Anda amati dan metode pengumpulan data yang sesuai.

Mengumpulkan Data Riset

Jika Anda menggunakan survei, distribusikan buletin kepada responden yang sesuai. Jika Anda menggunakan wawancara, rencanakan dan lakukan wawancara dengan responden yang relevan. Memastikan pengumpulan data dilakukan secara efisien dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam riset pasar, langkah terpenting adalah pengumpulan data. Data yang baik akan memberikan informasi yang akurat dan berguna bagi perusahaan. Di sisi lain, data yang buruk dapat memberikan informasi yang tidak berguna, namun juga dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang tidak tepat.

Analisis Data Riset

Setelah data dikumpulkan, lakukan analisis untuk menentukan wawasan dan hasil penting. Gunakan alat statistik atau metode penelitian kualitatif yang sesuai untuk mengatur data Anda. Identifikasi pola, tren dan hubungan antar variabel yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, buatlah kesimpulan yang relevan dengan tujuan penelitian Anda.

Sajikan hasil penelitian Anda dalam format laporan yang terorganisir dan mudah dipahami. Berisi ringkasan, metodologi, kesimpulan dan rekomendasi. Gunakan grafik, tabel, dan ilustrasi lainnya untuk memvisualisasikan data dan membuat cerita lebih menarik.

Rencana Tindakan

Membuat rencana pemasaran penting untuk meningkatkan produk atau pun layanan yang diberikan. Mengambil tindakan tepat berdasarkan informasi yang diperoleh dari riset pasar akan sangat bagus.

Pastikan untuk menghormati privasi dan etika saat mengumpulkan data. Jaga kerahasiaan informasi responden dan mengikuti pedoman penelitian yang tersedia.

Nah, itulah poin penting dan cara riset pasar bagi pelaku UMKM agar pembeli mudah didapat sehingga keuntungan pun berlipat. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *