Bisnis

10 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Brand Sendiri, Pengusaha Baju Wajib Tahu

52
×

10 Cara Memulai Bisnis Pakaian dengan Brand Sendiri, Pengusaha Baju Wajib Tahu

Share this article

BUZZERID – Sektor sandang atau bisnis pakaian merupakan salah satu bisnis yang memiliki potensi kesuksesan yang besar. Kita melihat saat ini sektor pakaian jadi jarang sekali kekurangan pembeli. Hampir di semua sektor, sektor sandang terus mengalami pertumbuhan pasarnya. Beberapa pengusaha telah menciptakan model untuk perusahaan pakaian mereka. Tentu saja memulai bisnis pakaian dengan brand sendiri tidaklah mudah. Persiapan dan perencanaan yang baik sangat penting agar bisnis dapat tumbuh dan sukses. Sebelum memulai bisnis pakaian, para pengusaha sebaiknya mengetahui beberapa tips agar bisnisnya bisa sukses dan berkembang di pasar yang kompetitif ini.

Bagaimana memulai bisnis dan merek pakaian Anda sendiri?

Sobat wirausaha, yang terpenting ketika kita ingin memulai bisnis pakaian dengan label sendiri adalah memiliki passion dan pengetahuan di bidang tersebut. Memiliki keduanya akan memudahkan kita dalam berinovasi dan melihat peluang bisnis. Selain itu, rekan-rekan pengusaha juga sebaiknya mengikuti tips berikut ini jika Anda ingin memulai bisnis pakaian dan fashion sendiri.

Riset dan Identifikasi Pasar yang akan Dijangkau 

Sebelum memulai bisnis, Anda harus meneliti dan mengidentifikasi target pasar yang ingin dijangkau. Riset produk dapat dilakukan dengan melihat tren pasar dan melakukan riset crowdsourcing. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi produk yang akan laris manis jika kita menjualnya. 

Oleh seba itu, ada beberapa faktor penting perlu diperhatikan dalam proses ini, antara lain, siapa saja target konsumen kita, apakah anak-anak, remaja atau dewasa, gaya busana yang sedang populer saat ini, dan tren fashion terkini, tujuannya adalah untuk mengetahui model, warna dan gaya pakaian apa yang sedang populer di pasaran.

Dengan kengetahui hal tersebut, akan membantu kita memutuskan jenis produk apa yang ingin dijual dan merencanakan pemasaran yang tepat.

Siapkan Modal

Memulai suatu usaha memang memerlukan perencanaan, termasuk persiapan finansial yang harus dilakukan dengan baik. Modal yang dikelola dengan baik dapat menjaga kelangsungan bisnis yang ramah wirausaha dalam jangka waktu yang lama.

Perencanaan keuangan dapat dihitung secara akurat, dengan menghitung biaya produksi, distribusi dan promosi. Jika teman bisnis Anda tidak tahu cara mendapatkan uang, Anda bisa mencoba mendapatkan uang dengan berbagai cara, antara lain: meminjamkan kepada keluarga dan teman Anda; berpartisipasi dalam program bantuan keuangan pemerintah; mengajukan pinjaman bank dan mencari investor.

Menentukan Konsep Brand

Tentukan konsep brand yang unik dan berbeda dengan brand lain, misalnya vintage, eco-friendly, streetwear, casual atau kombinasi ketiganya. Konsep merek yang unik akan membedakan produk kita dengan merek lain sehingga meningkatkan daya tarik merek.

Analisis Pesaing Bisnis

Analisa pesaing bisnis Anda, mulai dari kelebihan dan kekurangan produknya, cara pemasarannya, hingga distribusinya. Melalui penelitian-penelitian tersebut, kita dapat menciptakan produk-produk dengan daya saing yang kuat.

Membuat Business Plan

Setelah menentukan produk, mengidentifikasi target dan menganalisis pesaing, Anda harus membuat rencana bisnis atau Bussiness Plan. Business plan ini nantinya akan menjadi panduan bagi para sahabat pebisnis, sehingga harus dipersiapkan dengan baik dan matang.

Tentukan Desain Produk

Desain produk juga penting dalam industri pakaian. Buat konten menarik yang selaras dengan konsep merek yang ditentukan. Serta menggunakan bahan yang berkualitas sehingga membuat konsumen nyaman ketika memakainya.

Membuat Logo

Logo merupakan bagian penting dari sebuah brand, karena logo merupakan identitas yang mencerminkan citra atau konsep bisnis Anda. Logo sebaiknya dibuat sebaik-baiknya dan dengan cara yang sederhana agar mudah diingat dan dikenali pelanggan.

Tentukan Harga Jual

Bandingkan biaya produksi, keuntungan yang dibutuhkan dan harga pasar untuk menentukan harga jual produk kita. Harga yang terlalu tinggi dapat menurunkan minat pelanggan, sedangkan harga yang terlalu rendah dapat menurunkan nilai brand Anda. Maka tentukan harga jual yang tepat agar tidak rugi dan mendapat keuntungan.

Ciptakan Pemasaran yang Efektif 

Sangat penting dalam industri pakaian jadi untuk menciptakan pemasaean yang efektif. Gunakan media sosial atau website untuk mempromosikan produk kita. Buatlah konten menarik berupa foto dan video untuk mempromosikan produk.

Menjaga kualitas produk 

Kualitas produk akan meningkatkan kepercayaan pelanggan, maka pilihlah bahan yang tepat untuk produk dan pastikan produk telah diuji sebelum dijual.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *